MENGOPERASIKAN PROGRAM APLIKASI DANA KAS KECIL
A. Berbagai Macam Program Aplikasi Mengelola Kas Kecil
Berikut merupakan macam-macam aplikasi keuangan tersebut.
1. Krishand Cash Bank
Krishand Cash Bank adalah program aplikasi akuntansi yang fungsinya untuk melakukan pencatatan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas kecil maupun rekening kas dan bank.
Kelebihan program Krishand ini sebagai berikut:
a. Pembuatan laporan keuangan yang sudah jadi dapat diekspor ke dalam Microsoft Excel
b. Dapat digunakan lebih dari satu user serta mudah untuk dioperasikan oleh para pemula
c. Program ini bersifat multicabang, multi currency, multicost center, dan user definite key analysis
d. Dapat digunakan oleh semua jenis instansi baik instansi pemerintah, swasta, maupun usaha kecil dan menengah (UMKM)
e. Dapat men-setup nomor perkiraan sendiri dengan jumlah maksimum 12 karakter
f. Dapat menginput jurnal
Fitur-fitur program aplikasi Krishand Cash Bank ini sebagai berikut :
a. Buku Kas/Bank
Buku kas/bank berfungsi untuk melakukan pencatatan atas pengeluaran-pengeluaran kas dan beberapa bentuk penerimaan kas.
b. Giro Masuk
Giro masuk berfungsi untuk melakukan pencatatan giro yang berasal dari pelunasan maupun dari penerimaan lainnya. Kelebihan program ini yaitu setiap adanya giro masuk yang dicatat, maka dapat ditandai apakah batal atau ditolak.
c. Giro Keluar
Giro keluar berfungsi untuk mencatat giro keluar seperti pembayaran utang atau pengeluaran-pengeluaran lainnya. Kelebihan program ini yaitu setiap adanya giro keluar yang dicatat, maka dapat ditandai apakah batal atau ditolak.
d. Kasbon
Kasbon berfungsi untuk melakukan pencatatan setiap transaksi pembayaran kasbon baik dari kas maupun transfer, dan print out voucher.
e. Buku Besar
Buku besar berfungsi untuk melakukan pengecekan transaksi per akun baik dalam periode satu bulan maupun satu tahun. Kelebihan program ini yaitu terdapat pilihan untuk dapat melihat secara detail atau rinci jurnal dan akses cepat menuju kolom jurnal.
f. Melihat Pengeluaran
Krishand juga memiliki fasilitas yang dapat melihat biaya pengeluaran per cost, penerimaan dapat diatur sendiri, dan sebagainya.
g. Reminder
Fasilitas reminder artinya dapat mengingatkan giro yang sudah jatuh tempo.
h. Buku Harian Kas dan Bank
Buku harian kas dan bank berfungsi untuk melihat saldo awal, transaksi kas dalam satu periode misalnya satu bulan.
i. Multicabang
j. Multi User
k. Fasilitas Transfer Data ke Krishand GL
2. MYOB Accounting
MYOB Accounting merupakan program aplikasi untuk mengolah kas kecil dan dibuat secara terpadu.
3. GnuCash
GnuCash merupakan program aplikasi keuangan yang biasanya digunakan untuk usaha atau perusahaan kecil.
Kelebihan program ini sebagai berikut :
Fleksibel dan mudah untuk digunakan
Dapat digunakan untuk melacak rekening bank, saham, pendapatan, dan beban atau biaya
Cepat dan intuitif untuk digunakan seperti checkbook register
4. Money Manager Ex
Money Manager Ex dapat mendata penerimaan anggaran, pengeluaran, jumlah uang di rekenig bank, aset, dan saham dengan memperhitungkan pendapatkan dan pengeluaran.
5. Unckle Bill
Unckle Bill adalah salah satu program aplikasi keuangan yang mudah dioperasikan oleh pemula.
6. Accurate V4 StandardAccurate V4 Standard adalah program aplikasi keuangan yang didalamnya terdapat berbagai macam fitur seperti Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan General Ledger yang telah terintegrasi dengan baik.
7. Sge ACCPAC ERP
Sge ACCPAC ERP berfungsi untuk pengelolaan keuangan baik pada perusahaan kecil maupun besar. Kelebihan Sge ACCPAC ERP yaitu dapat memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja program yang terukur dan kebebasan pilihan bagi user.
8. K-System Indonesia
k-System Indonesia adalah program terpadu operasional dan akuntansi yang didesain khusus untuk kondisi indonesia.
9. Rylstim Budget
Rylstim Budget merupakan program aplikasi keuangan dengan banyak fitur sehingga dapat dengan mudah memantau seluruh transaksi keuangan perusahaan. Kelebihan program aplikasi ini yaitu dapat menyusun grafis pengeluaran dan pendapatan, serta juga sisa saldo sehingga dapat memonitor pengeluaran dan pemasukan dengan sangat detail.
B. Mengoperaikan Program Aplikasi Dana Kas Kecil
Berikut ini akan dijelaskan pengoperasian aplikasi dana kas kecil menggunakan program MYOB Accounting.
1. Mengenal MYOB Accounting
MYOB Accountig merupakan program komputer akuntansi yang memiliki berbagai macam kelengkapan dan kelebihan. Selain lengkap, program ini juga mudah untuk para pemula.
a. Manfaat Aplikasi Komputer Akuntansi Accounting
1) Memiliki informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas pencatatan kas kecil secara efektif dan efisien.
2) Memiliki tingkat ketelitian yang tinggi.
3) Dapat meningkatkan kemampuan dalam hal pengambilan keputusan.
4) Mampu meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan.
5) Menigkatkan efisiensi kerja pada baagian keuangan.
6) Dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan akan program aplikasi keuangan.
b. Fasilitas MYOB
Berikut merupakan fasilitas MYOB.
1) Menu Accounts
Menu Accounts merupakan bentuk dari jurnal umum yang berfungsi untuk melakukan pencatatan transaksi yang tidak dapat dicatat dalam jurnal khusus. Fasilitas dalam Menu Accounts diantaranya.
a. Account List berfungsi untuk mengatur kode account dan nama account, baik untuk melihat, menambah, mengubah, ataupun menghapus daftar akun-akun perusahaan.
b. Record Journal Entry berfungsi untuk mencatat jurnal umum seperti transaksi-transaksi penyelesaian.
c. Transaction Journal berfungsi untuk melihat transaksi jurnal.
2) Menu Banking
Menu Banking merupakan bentuk dari jurnal khusus. (jurnal penerimaan dan jurnal pengeluaran).
Menu Banking berfungsi unntuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihan-tagihan dan beban sewa, beban listrik, telepon, pembayaran gaji dan lain-lain.
Fasilitas dalam Menu Banking terdapat fasilitas Spend Money, Receive Money, Prepare Bank Deposit, Bank Register, Reconcille Account, Print cheque dan Transaction Journal.
3) Menu Sales
Menu Sales merupakan bentuk dari jurnal penjualan. Jurnal ini berfungsi untuk melakukan pencatatan penjualan tunai, penjualan kredit ataupun dengan uang muka, penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan mencatat retur penjualan, sekaligus penyerahan uang kas kepada pelanggan.
4) Menu Purchases
Menu Purchases merupakan benuk dari jurnal pembelian. Menu ini berfungsi untuk melakukan pencatatan pembelian tunai, pembelian secara kredit maupun pembelian dengan uang muka, pembayaran uang kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.
5) Menu Inventory
Menu Inventory merupakan bentuk dari kartu persediaan serta pengelolaan data-data persediaan. Menu Inventory digunakan untuk mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan persediaan barang seperti mengubah, mencatat, menetapkan dan menyesuaikan harga tersediakan barang.
6)/Menu Card File
Menu Card File merupakan bentuk dari kartu utang dan kartu piutang. Menu ini dapat digunakan untuk melakukan pencatatan data pelanggan dan data pemasok atau supplier secara rinci, termasuk menetapkan pajak dan terima pembayaran dari pelanggan dan pemasok.
2. Membuka dan Mengakhiri MYOB
a. Mengaktifkan MYOB Accounting
Berikut cara mengaktifkan program MYOB.
1) Klik tombol Start lalu pilih program
2) Setelah itu, pilihlah MYOB Accounting kemudian Klik Open Your Company File. Lalu klik dua kali pda judul filenya, untuk membuka file yang sudah ada.
3) Setelah itu, akan muncul tampilan UseID dan Password, lalu klik OK.
4) Jika sudah mengklik OK, maka MYOB akan menampilkan kotak dialog berupa pilihan untuk melakukan registrasi.
Pilihan-pilihan registrasi tersebut, sebagai berikut.
1) How to Register
Jika Anda akan melakukan registrasi menggunakan internet melalui situs online MYOB
2) Enter Now
Jika Anda sudah memiliki bobot registrasi MYOB
3) Enter Later
Jika Anda akan memasukkan nomor registrasi MYOB nantinya.
b. Membuat Data Akuntansi Baru
Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat data akuntasi baru.
1) Bukalah program MYOB Accounting
2) Setelah itu, pilihlah tombol Create Now Company File
3) Pada kotak dialog pertama menampilkan introduction untuk memulai pembuatan data perusahaan. Klik Next lalu isi nama dan alamat perusahaan.
4) Klik Next lagi, lalu isikan data tahun dan bulan sebagai bentuk dasar pencatatan transaksi.
5) Apabila langkah diatas sudah dilakukan, klik Next, maka Anda diminta untuk melakukan peninjauan kembali data yang sudah diisikan pada langkah sebelumnya.
6) Setelah itu klik tombol Next, lalu pilihlah salah satu jenis usaha berdasarkan aktivitas yang dijalankan.
7) Jika langkah diatas telah selesai, pilihlah Next, akan muncul kotak dialog untuk memilih lokasi penyimpanan file. Perhatikan tampilan berikut.
a. Change untuk mengedit nama dan lokasi perusahaan
b. Klik Next untuk Create Your Company File. Selanjutnya Klik Next.
8) Apabila telah selesai, klik tombol Se-tup Assistant yang berfungsi untuk membuat data awal perusahaan.
9) Jika telah selesai, Klik tombol Command Centre yang berfungsi untuk menuju program menu MYOB Accounting.
c. Mengakhiri Program MYOB
Berikut cara mengakhiri program MYOB.
1) Klik File lalu pilih Exit, maka akan muncul kotak dialog konfimasi, pilih Yes.
2) Setelah itu, MYOB akan memunculkan tampilan kotak dialog kembali, pilihlah Backup All Data dan Check Company File for Errors, lalu klik tombol Continue.
3) Klik OK, maka akan muncul kotak dialog Back Up.
4) Pilihlah File Absolute pada kotak File Name lalu klik Save.
5) Setelah proses back up dilakukan, maka aplikasi MYOB dengan sendirinya akan tertutup.
3. Mengatur Akun Kas Kecil
a. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut.
Langkah pertama, buka Account Command Centre lalu klik Account List.
b. Setelah itu, klik Asset Tab lalu pilihlah New.
c. Setelah itu, pilihlah Bank pada Account Type Drop Down Menu. Lalu pada Bussiness Basics, kliklah Detail Account (Postabel) Option.
d. Kemudian siapkan pada akun sebuah nomor untuk memudahkan menuju Daftar Akun, lalu berilah nama akun Petty Cash.
e. Kemudian klik OK.
4. Memasukkan Saldo Awal pada Kas Kecil
Berikut langkah memasukkan saldo awal pada kas kecil.
a. Langkah pertama yaitu membuka Setup Menu lalu pilihlah Balances.
b. Setelah itu, klik Account Opening Balances.
c. Apabila sudah dilakukan, buatlah lokasi akun kas kecil serta masukkan pada Opening Balances.
Apabila menggunakan file perusahaan yang sudah ada, maka kas kecil pada umunya dimulai dengan uang ditarik dari Cheque Account. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. Langkah awal membuka Banking Command Centre dan klik Spend Money.
b. Apabila sudah mengkil Spend Money, maka klik Pay From Account dan seleksilah Cheque Account Anda didaerah yang berdekatan.
c. Ketikkan rincian pada kolom Date, Amount, Cheque NO, dan Memo.
d. Setelah itu, pada bidang Acct yang terletak dibagian bawah jendela, klik Petty Cash Account dan pastikan Anda telah melakukan seleksi N-T dalam kolom Tax.
Setelah itu klik Record .
5. Memasukkan Pembelian Tunai dengan Kas Kecil
Berikut merupakan cara memasukkan pembelian tunai dengan kas kecil.
a. Buka menu Banking Command Centre, lalu klik Sepnd Money.
b. Dalam kotak dialog Bussiness Basic, bukalah Command Centre Menu dan pilihlah Banking.
c. Setelah itu klik Spend Money.
d. Apabila langkah diatas selelsai, pilihlah Pay From Account kemudian klik akun Petty Cash di dalam bidang yang terdekat atau berdekatan.
e. Setelah itu, masukkan Cheque No, Date, Amount, dan Memo.
f. Kemudian pilihlah Acct dan masukkan Expense Account.
g. Setelah itu, ketikkan Tax Code yang sesuai lalu klik Record.
6. Rekonsiliasi Rekening Petty Cash
Rekonsiliasi bertujuan untuk memastikan bahwa proses pencatatan sudah benar dan tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan.
Langkah-langkah membuka fitur rekonsiliasi petty cash berikut ini.
a. Langkah awal, buka Banking Command Centre lalu klik Renconcile Accounts.
b. Pilih rekening Petty Cash dalam bidang Account dan masukkan tanggal saat ini pada bidang Bank Statement Date.
c. Cocokkan pembayaran pada jendela Reconcile Accounts dengan Cash Receoits. Setelah itu tanda Corresponding Transactions Off dengsn Cleared.
d. Setelah selesai, masukkan Physical Cash Balance dari Petty Cash dalam New Statement Balance Field.
e. Setelah itu, pilih Accounts Balance dan klik Reconcile. Kemudian Print Reconciliation Report dan klik Reconcile kembali.
7. Penggantian pada Rekening Petty Cash
Berikut langkah yang dilakukan.
a. Langkah pertama yaitu membuka Banking Command Centre, lalu kliklah Spend Money. Dalam Business Basic, bukalah Command Centre Menu lalu klik Banking dan pilihlah Spend Money.
b. Setelah itu, kliklah di Pay From Account dan klik Cheque Account pada bidang yang terdekat.
c. Selanjutnya masukkan Cheque No, Date, Amount, dan Memo.
d. Seperti langkah sebelumnya, dalam Acct, pilihlah rekening Petty Cash Anda.
e. Dalam memilih akun Anda, pastikan Anda telah memilih N-T dalam kolom Tax.
Sebagai langkah akhir klik Record.
Selamat membaca:*
Semoga bermanfaat:)
Berikut merupakan macam-macam aplikasi keuangan tersebut.
1. Krishand Cash Bank
Krishand Cash Bank adalah program aplikasi akuntansi yang fungsinya untuk melakukan pencatatan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas kecil maupun rekening kas dan bank.
Kelebihan program Krishand ini sebagai berikut:
a. Pembuatan laporan keuangan yang sudah jadi dapat diekspor ke dalam Microsoft Excel
b. Dapat digunakan lebih dari satu user serta mudah untuk dioperasikan oleh para pemula
c. Program ini bersifat multicabang, multi currency, multicost center, dan user definite key analysis
d. Dapat digunakan oleh semua jenis instansi baik instansi pemerintah, swasta, maupun usaha kecil dan menengah (UMKM)
e. Dapat men-setup nomor perkiraan sendiri dengan jumlah maksimum 12 karakter
f. Dapat menginput jurnal
Fitur-fitur program aplikasi Krishand Cash Bank ini sebagai berikut :
a. Buku Kas/Bank
Buku kas/bank berfungsi untuk melakukan pencatatan atas pengeluaran-pengeluaran kas dan beberapa bentuk penerimaan kas.
b. Giro Masuk
Giro masuk berfungsi untuk melakukan pencatatan giro yang berasal dari pelunasan maupun dari penerimaan lainnya. Kelebihan program ini yaitu setiap adanya giro masuk yang dicatat, maka dapat ditandai apakah batal atau ditolak.
c. Giro Keluar
Giro keluar berfungsi untuk mencatat giro keluar seperti pembayaran utang atau pengeluaran-pengeluaran lainnya. Kelebihan program ini yaitu setiap adanya giro keluar yang dicatat, maka dapat ditandai apakah batal atau ditolak.
d. Kasbon
Kasbon berfungsi untuk melakukan pencatatan setiap transaksi pembayaran kasbon baik dari kas maupun transfer, dan print out voucher.
e. Buku Besar
Buku besar berfungsi untuk melakukan pengecekan transaksi per akun baik dalam periode satu bulan maupun satu tahun. Kelebihan program ini yaitu terdapat pilihan untuk dapat melihat secara detail atau rinci jurnal dan akses cepat menuju kolom jurnal.
f. Melihat Pengeluaran
Krishand juga memiliki fasilitas yang dapat melihat biaya pengeluaran per cost, penerimaan dapat diatur sendiri, dan sebagainya.
g. Reminder
Fasilitas reminder artinya dapat mengingatkan giro yang sudah jatuh tempo.
h. Buku Harian Kas dan Bank
Buku harian kas dan bank berfungsi untuk melihat saldo awal, transaksi kas dalam satu periode misalnya satu bulan.
i. Multicabang
j. Multi User
k. Fasilitas Transfer Data ke Krishand GL
2. MYOB Accounting
MYOB Accounting merupakan program aplikasi untuk mengolah kas kecil dan dibuat secara terpadu.
3. GnuCash
GnuCash merupakan program aplikasi keuangan yang biasanya digunakan untuk usaha atau perusahaan kecil.
Kelebihan program ini sebagai berikut :
Fleksibel dan mudah untuk digunakan
Dapat digunakan untuk melacak rekening bank, saham, pendapatan, dan beban atau biaya
Cepat dan intuitif untuk digunakan seperti checkbook register
4. Money Manager Ex
Money Manager Ex dapat mendata penerimaan anggaran, pengeluaran, jumlah uang di rekenig bank, aset, dan saham dengan memperhitungkan pendapatkan dan pengeluaran.
5. Unckle Bill
Unckle Bill adalah salah satu program aplikasi keuangan yang mudah dioperasikan oleh pemula.
6. Accurate V4 StandardAccurate V4 Standard adalah program aplikasi keuangan yang didalamnya terdapat berbagai macam fitur seperti Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan General Ledger yang telah terintegrasi dengan baik.
7. Sge ACCPAC ERP
Sge ACCPAC ERP berfungsi untuk pengelolaan keuangan baik pada perusahaan kecil maupun besar. Kelebihan Sge ACCPAC ERP yaitu dapat memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja program yang terukur dan kebebasan pilihan bagi user.
8. K-System Indonesia
k-System Indonesia adalah program terpadu operasional dan akuntansi yang didesain khusus untuk kondisi indonesia.
9. Rylstim Budget
Rylstim Budget merupakan program aplikasi keuangan dengan banyak fitur sehingga dapat dengan mudah memantau seluruh transaksi keuangan perusahaan. Kelebihan program aplikasi ini yaitu dapat menyusun grafis pengeluaran dan pendapatan, serta juga sisa saldo sehingga dapat memonitor pengeluaran dan pemasukan dengan sangat detail.
B. Mengoperaikan Program Aplikasi Dana Kas Kecil
Berikut ini akan dijelaskan pengoperasian aplikasi dana kas kecil menggunakan program MYOB Accounting.
1. Mengenal MYOB Accounting
MYOB Accountig merupakan program komputer akuntansi yang memiliki berbagai macam kelengkapan dan kelebihan. Selain lengkap, program ini juga mudah untuk para pemula.
a. Manfaat Aplikasi Komputer Akuntansi Accounting
1) Memiliki informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas pencatatan kas kecil secara efektif dan efisien.
2) Memiliki tingkat ketelitian yang tinggi.
3) Dapat meningkatkan kemampuan dalam hal pengambilan keputusan.
4) Mampu meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan.
5) Menigkatkan efisiensi kerja pada baagian keuangan.
6) Dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan akan program aplikasi keuangan.
b. Fasilitas MYOB
Berikut merupakan fasilitas MYOB.
1) Menu Accounts
Menu Accounts merupakan bentuk dari jurnal umum yang berfungsi untuk melakukan pencatatan transaksi yang tidak dapat dicatat dalam jurnal khusus. Fasilitas dalam Menu Accounts diantaranya.
a. Account List berfungsi untuk mengatur kode account dan nama account, baik untuk melihat, menambah, mengubah, ataupun menghapus daftar akun-akun perusahaan.
b. Record Journal Entry berfungsi untuk mencatat jurnal umum seperti transaksi-transaksi penyelesaian.
c. Transaction Journal berfungsi untuk melihat transaksi jurnal.
2) Menu Banking
Menu Banking merupakan bentuk dari jurnal khusus. (jurnal penerimaan dan jurnal pengeluaran).
Menu Banking berfungsi unntuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihan-tagihan dan beban sewa, beban listrik, telepon, pembayaran gaji dan lain-lain.
Fasilitas dalam Menu Banking terdapat fasilitas Spend Money, Receive Money, Prepare Bank Deposit, Bank Register, Reconcille Account, Print cheque dan Transaction Journal.
3) Menu Sales
Menu Sales merupakan bentuk dari jurnal penjualan. Jurnal ini berfungsi untuk melakukan pencatatan penjualan tunai, penjualan kredit ataupun dengan uang muka, penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan mencatat retur penjualan, sekaligus penyerahan uang kas kepada pelanggan.
4) Menu Purchases
Menu Purchases merupakan benuk dari jurnal pembelian. Menu ini berfungsi untuk melakukan pencatatan pembelian tunai, pembelian secara kredit maupun pembelian dengan uang muka, pembayaran uang kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.
5) Menu Inventory
Menu Inventory merupakan bentuk dari kartu persediaan serta pengelolaan data-data persediaan. Menu Inventory digunakan untuk mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan persediaan barang seperti mengubah, mencatat, menetapkan dan menyesuaikan harga tersediakan barang.
6)/Menu Card File
Menu Card File merupakan bentuk dari kartu utang dan kartu piutang. Menu ini dapat digunakan untuk melakukan pencatatan data pelanggan dan data pemasok atau supplier secara rinci, termasuk menetapkan pajak dan terima pembayaran dari pelanggan dan pemasok.
2. Membuka dan Mengakhiri MYOB
a. Mengaktifkan MYOB Accounting
Berikut cara mengaktifkan program MYOB.
1) Klik tombol Start lalu pilih program
2) Setelah itu, pilihlah MYOB Accounting kemudian Klik Open Your Company File. Lalu klik dua kali pda judul filenya, untuk membuka file yang sudah ada.
3) Setelah itu, akan muncul tampilan UseID dan Password, lalu klik OK.
4) Jika sudah mengklik OK, maka MYOB akan menampilkan kotak dialog berupa pilihan untuk melakukan registrasi.
Pilihan-pilihan registrasi tersebut, sebagai berikut.
1) How to Register
Jika Anda akan melakukan registrasi menggunakan internet melalui situs online MYOB
2) Enter Now
Jika Anda sudah memiliki bobot registrasi MYOB
3) Enter Later
Jika Anda akan memasukkan nomor registrasi MYOB nantinya.
b. Membuat Data Akuntansi Baru
Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat data akuntasi baru.
1) Bukalah program MYOB Accounting
2) Setelah itu, pilihlah tombol Create Now Company File
3) Pada kotak dialog pertama menampilkan introduction untuk memulai pembuatan data perusahaan. Klik Next lalu isi nama dan alamat perusahaan.
4) Klik Next lagi, lalu isikan data tahun dan bulan sebagai bentuk dasar pencatatan transaksi.
5) Apabila langkah diatas sudah dilakukan, klik Next, maka Anda diminta untuk melakukan peninjauan kembali data yang sudah diisikan pada langkah sebelumnya.
6) Setelah itu klik tombol Next, lalu pilihlah salah satu jenis usaha berdasarkan aktivitas yang dijalankan.
7) Jika langkah diatas telah selesai, pilihlah Next, akan muncul kotak dialog untuk memilih lokasi penyimpanan file. Perhatikan tampilan berikut.
a. Change untuk mengedit nama dan lokasi perusahaan
b. Klik Next untuk Create Your Company File. Selanjutnya Klik Next.
8) Apabila telah selesai, klik tombol Se-tup Assistant yang berfungsi untuk membuat data awal perusahaan.
9) Jika telah selesai, Klik tombol Command Centre yang berfungsi untuk menuju program menu MYOB Accounting.
c. Mengakhiri Program MYOB
Berikut cara mengakhiri program MYOB.
1) Klik File lalu pilih Exit, maka akan muncul kotak dialog konfimasi, pilih Yes.
2) Setelah itu, MYOB akan memunculkan tampilan kotak dialog kembali, pilihlah Backup All Data dan Check Company File for Errors, lalu klik tombol Continue.
3) Klik OK, maka akan muncul kotak dialog Back Up.
4) Pilihlah File Absolute pada kotak File Name lalu klik Save.
5) Setelah proses back up dilakukan, maka aplikasi MYOB dengan sendirinya akan tertutup.
3. Mengatur Akun Kas Kecil
a. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut.
Langkah pertama, buka Account Command Centre lalu klik Account List.
b. Setelah itu, klik Asset Tab lalu pilihlah New.
c. Setelah itu, pilihlah Bank pada Account Type Drop Down Menu. Lalu pada Bussiness Basics, kliklah Detail Account (Postabel) Option.
d. Kemudian siapkan pada akun sebuah nomor untuk memudahkan menuju Daftar Akun, lalu berilah nama akun Petty Cash.
e. Kemudian klik OK.
4. Memasukkan Saldo Awal pada Kas Kecil
Berikut langkah memasukkan saldo awal pada kas kecil.
a. Langkah pertama yaitu membuka Setup Menu lalu pilihlah Balances.
b. Setelah itu, klik Account Opening Balances.
c. Apabila sudah dilakukan, buatlah lokasi akun kas kecil serta masukkan pada Opening Balances.
Apabila menggunakan file perusahaan yang sudah ada, maka kas kecil pada umunya dimulai dengan uang ditarik dari Cheque Account. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. Langkah awal membuka Banking Command Centre dan klik Spend Money.
b. Apabila sudah mengkil Spend Money, maka klik Pay From Account dan seleksilah Cheque Account Anda didaerah yang berdekatan.
c. Ketikkan rincian pada kolom Date, Amount, Cheque NO, dan Memo.
d. Setelah itu, pada bidang Acct yang terletak dibagian bawah jendela, klik Petty Cash Account dan pastikan Anda telah melakukan seleksi N-T dalam kolom Tax.
Setelah itu klik Record .
5. Memasukkan Pembelian Tunai dengan Kas Kecil
Berikut merupakan cara memasukkan pembelian tunai dengan kas kecil.
a. Buka menu Banking Command Centre, lalu klik Sepnd Money.
b. Dalam kotak dialog Bussiness Basic, bukalah Command Centre Menu dan pilihlah Banking.
c. Setelah itu klik Spend Money.
d. Apabila langkah diatas selelsai, pilihlah Pay From Account kemudian klik akun Petty Cash di dalam bidang yang terdekat atau berdekatan.
e. Setelah itu, masukkan Cheque No, Date, Amount, dan Memo.
f. Kemudian pilihlah Acct dan masukkan Expense Account.
g. Setelah itu, ketikkan Tax Code yang sesuai lalu klik Record.
6. Rekonsiliasi Rekening Petty Cash
Rekonsiliasi bertujuan untuk memastikan bahwa proses pencatatan sudah benar dan tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan.
Langkah-langkah membuka fitur rekonsiliasi petty cash berikut ini.
a. Langkah awal, buka Banking Command Centre lalu klik Renconcile Accounts.
b. Pilih rekening Petty Cash dalam bidang Account dan masukkan tanggal saat ini pada bidang Bank Statement Date.
c. Cocokkan pembayaran pada jendela Reconcile Accounts dengan Cash Receoits. Setelah itu tanda Corresponding Transactions Off dengsn Cleared.
d. Setelah selesai, masukkan Physical Cash Balance dari Petty Cash dalam New Statement Balance Field.
e. Setelah itu, pilih Accounts Balance dan klik Reconcile. Kemudian Print Reconciliation Report dan klik Reconcile kembali.
7. Penggantian pada Rekening Petty Cash
Berikut langkah yang dilakukan.
a. Langkah pertama yaitu membuka Banking Command Centre, lalu kliklah Spend Money. Dalam Business Basic, bukalah Command Centre Menu lalu klik Banking dan pilihlah Spend Money.
b. Setelah itu, kliklah di Pay From Account dan klik Cheque Account pada bidang yang terdekat.
c. Selanjutnya masukkan Cheque No, Date, Amount, dan Memo.
d. Seperti langkah sebelumnya, dalam Acct, pilihlah rekening Petty Cash Anda.
e. Dalam memilih akun Anda, pastikan Anda telah memilih N-T dalam kolom Tax.
Sebagai langkah akhir klik Record.
Selamat membaca:*
Semoga bermanfaat:)
Komentar
Posting Komentar